12/17/2016

Java - JVM (Java Virtual Machine)


Java Virtual Machine

Java Virtual Machine (JVM) adalah sebuah lokasi eksekusi untuk aplikasi Java.
Hal ini ditafsirkan kompilasi Java kode biner(disebut bytecode) untuk memungkinkan prosesor komputer untuk melaksanakan instruksi program Java.
Java dirancang untuk memungkinkan program aplikasi yang akan dibangun yang dapat dijalankan pada platform apapun tanpa harus ditulis ulang atau dikompilasi ulang oleh programmer untuk setiap platform yang terpisah. JVM membuat ini hal ini menjadi mungkin.

Pada dasarnya, compiler Java membaca file source(.java) dari bahasa Java, menerjemahkan sumber ke bytecode Java, dan menempatkan bytecode ke kelas(.class) file. File kelas kemudian dapat dijalankan pada Java Virtual Machine (JVM).

Dalam bahasa pemrograman lain, compiler biasanya akan menghasilkan kode untuk sistem tertentu. Sebuah compiler Java, bagaimanapun, akan menghasilkan kode untuk mesin virtual.

- JVM adalah komponen utama dari arsitektur Java, dan merupakan bagian dari JRE (Java Runtime Environment).
- JVM bergantung pada sistem operasi. Dengan kata lain, JVM harus menerjemahkan bytecode ke dalam bahasa perangkat, dan bahasa perangkat tergantung pada sistem operasi yang sedang digunakan, yang membuat JVM tergantung pada platform, atau bergantung pada sistem operasi.
- JVM bertanggung jawab untuk mengalokasikan memori yang diperlukan oleh program Java.

Setiap perangkat yang terinstal JVM mampu menerjemahkan dan menjalankan file .class kita.
Hal ini memungkinkan untuk menjalankan bytecode yang sama pada platform yang berbeda.

Semoga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment

Follow us on FB

Blogroll

About